JASA PEMBUATAN LANDING PAGE PERUSAHAAN KONSTRUKSI

Apa itu Landing Page, Fungsi, dan Cara Membuta Desain landing Page Terbaik?  Landing page adalah – Di dalam dunia digital marketing, keberadaan landing page sudah dikenal luas seiring dengan berkembangnya dunia digital dan juga pemasaran yang berbasis web. Landing page atau yang juga dikenal dengan istilah “halaman arahan” memiliki peran dalam peningkatan prospek pemasaran suatu bisnis atau perusahaan yang menggunakan internet ataupun situs jejaring sebagai salah satu cara untuk menarik konsumennya.

Menurut Marketing Benchmarks From 7.000 Business yang dilakukan oleh Hubspot, mencatat bahwa penggunaan landing page sebagai metode pemasaran digital ini bisa meningkatkan leads atau potensi konsumen dari sebuah bisnis.

Di dalam laporan tersebut, Hubspot mencatat bahwa setidaknya ada peningkatan leads atau prospek konsumen sebanyak 55 persen oleh perusahaan ataupun bisnis yang mempunyai 10 sampai 15 landing pages.

Pengertian Landing Page

Landing page adalah sebuah halaman website yang digunakan untuk tujuan tertentu ditandai dengan satu atau dua tombol Call-to-action (CTA). Berbeda dengan homepage yang merupakan halaman perkenalan terhadap brand, memberitahu apa saja yang ditawarkan oleh website tersebut, dan tentunya memiliki banyak CTA. Landing page hanya menawarkan sebuah campaign baik itu berupa promo produk, product launching, dan lain sebagainya.

 

Landing page ditargetkan untuk mendatangkan lebih banyak traffic. Cara ini bisa menggunakan beberapa strategi seperti memaksimalkan penggunaan SEO off-page maupun on-page agar landing page bisa muncul lebih baik di SERP atau istilahnya mendatangkan organic traffic. Bisa juga meningkatkan traffic dengan pemanfaatan ads supaya website bisa tampil di pencarian paling atas mesin pencari.

Apa Fungsi Landing Page

  1. Meningkatkan Traffic Website

    Manfaat pertama menggunakan landing page adalah meningkatkan traffic website. Pertambahan jumlah pengunjung website dapat membuat brand lebih dikenal dan lebih besar sekaligus meningkatkan engagement terhadap website

  2. Meningkatkan Conversion Rate

    Setiap pengunjung yang berkunjung ke landing page berpeluang untuk membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan. Nah, semakin besar traffic ke landing page tentu akan memperbesar peluang tersebut.

  3. Mendapatkan Data Lead Pengunjung

    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dengan menggunakan landing page pemilik website bisa mendapatkan data lead seperti nama, alamat email, nomor telepon, hingga akun media sosial. Data lead ini bisa didapatkan juga jika pada laman landing page nya meminta data pengunjung.

  4. Media Promosi

    Landing page bisa dikatakan sebagai media promosi yang mudah digunakan. Landing page bisa diisi dengan promosi atau potongan harga. Apalagi landing page biasanya fokus terhadap sebuah produk jadi kamu bisa membuat promo yang lebih terfokus walaupun kamu memiliki banyak produk lainnya.


Apa Saja Jenis Landing Page

Landing page ditujukan untuk sebuah campaign khusus. Berdasarkan fungsinya landing page dapat dibagi sebagai berikut,

 

  1. Lead Generating Landing Pages

    Lead generating landing pages adalah landing page yang ditujukan untuk mendatangkan leadlead disini maksudnya adalah data pengunjung website. Nantinya data tersebut dapat digunakan untuk strategi marketing lanjutan. Data ini biasanya minimal berisi nama dan alamat email pengunjung. Lebih lanjutnya bisa berisi nomor telepon hingga nama akun sosial media.

  2. Click-Through Landing Pages

    Click-through landing pages adalah tipe landing page yang berisi promosi atau potongan harga terhadap sebuah produk atau layanan. Landing page ini bertujuan untuk mempersuasi pengunjung website untuk segera membeli produk yang ditawarkan.

  3. Explainer Landing Pages

    Explainer landing pages memiliki fungsi yang lebih terstruktur dibanding dua tipe diatas. Tipe ini biasanya lebih panjang dan mengandung banyak informasi. Explainer landing pages menampilkan manfaat dan fitur dari produk atau layanan yang berguna untuk mengedukasi pengunjung sekaligus mengikat pengunjung terhadap brand tersebut.

  4. Product Detail Landing Pages

    Product detail landing pages adalah landing page yang berisi informasi mendetail terhadap sebuah produk atau layanan. Biasanya product detail landing pages bermaksud untuk membuat pengunjung segera membeli sebuah produk secara langsung di laman tersebut.

Cara Buat Landing Page Terbaik

Setelah mengetahui apa itu landing page serta manfaatnya, lalu bagaimana cara membuat landing pageLanding page dapat dibuat dengan mudah menggunakan WordPress, melalui WordPress kamu bisa membuat landing page menggunakan tema dan plugin dari WordPress baik itu gratis maupun berbayar.

  • Gunakan Headline Yang Menarik

    Headline adalah hal pertama yang akan dilihat oleh pengunjung karena itu berikan headline yang menarik, padat, dan jelas serta memberikan gambaran keseluruhan landing page.

  • Tuliskan Fitur dan Keunggulan Produk Atau Layanan yang Ditawarkan

    Jelaskan secara rinci apa produk yang kamu tawarkan beserta kelebihannya. Menuliskan hal ini akan membuat pengunjung lebih paham mengenai apa yang kamu tawarkan dan akan meningkatkan ketertarikan pengunjung untuk membeli produk Anda.

  • Masukkan Gambar atau Video

    Gambar atau Video secara tidak langsung akan menambah conversion rate, karena kebanyakan pengunjung akan melihat sesuatu yang menarik indra penglihatan terlebih dahulu sebelum membaca detail produk secara rinci.

  • Tuliskan Juga Testimoni Pelanggan

    Testimoni pelanggan ini berfungsi untuk meyakinkan pengunjung untuk membeli sebuah produk melalui pendapat orang-orang yang sebelumnya pernah membeli produk yang sedang ditawarkan.

  • Tambahkan Timestamp

    Timestamp disini maksudnya berikan jangka waktu berakhirnya promo yang kamu tawarkan pada landing pageTimestamp ini bisa berupa tanggal atau hitungan mundur. Ini berguna untuk meningkatkan awareness pengunjung jika ini adalah promo berbatas waktu.

  • Tombol CTA

    Anda tambahkan tombol CTA yang mengarah langsung ke laman order produk sehingga pengunjung yang tertarik bisa langsung diarahkan untuk membeli produk tersebut.

Contoh Desain Landing Page untuk berbagai bidang bisnis dapat Anda lihat disini: 50 + Desain Landing Page Keren

Perbedaan Landing Page dan Homepage

Jika berbicara tentang perbedaan landing page dan homepage, maka itu adalah perkara yang mudah untuk dipahami. Akan tetapi, menjelaskan perbedaan keduanya secara langsung tidak akan membuat Anda memahami konsep yang ada di baliknya.

Oleh karena itu, kita akan membahas mengenai bagaimana homepage dan juga landing page bekerja. Agar lebih mudah, kita akan membahas dari halaman hasil pencarian atau search engine result page.

Tampilan dari hasil pencarian Google rata-rata terlihat seperti gambar di atas. Setidaknya terdapat empat elemen yang ada di halaman tersebut, yakni:

  1. Paid search results (Google Adwords – Search Campaign)
  2. Paid search results (Google Adwords – Shopping Campaign)
  3. Featured snippets
  4. Organic search results

Hasil pencarian organik dan juga featured snippets yakni pada nomor 3 dan 4, sedikit sulit untuk diintervensi. Hanya website yang berkualitas dan teroptimasi baik secara SEO on page atau SEO off page yang dapat menempati kedua bagian tersebut.

Lain halnya dengan paid search result yang ada di nomor 1 dan 2, yang mana menggunakan strategi Search Engine Marketing. Kita dapat mempersiapkan halaman khusus supaya pengguna tertarik membeli setelah mengklik iklan bisnis yang ditawarkan.

Karakteristik Homepage

  1. Umumnya memuat tampilan utama dari sebuah website.
  2. Biasanya adalah halaman pertama yang akan dilihat saat membuka sebuah website.
  3. Menampilkan tombol navigasi dan juga URL menuju halaman penting di website.
  4. Merupakan etalase untuk para pelanggan guna mempelajari semua produk dan layanan yang ditawarkan.

Karakteristik Landing Page

  1. Landing page adalah halaman yang mempunyai fungsi khusus dalam website.
  2. Mendorong pengguna untuk lebih fokus pada satu produk dan segera melakukan transaksi di website.
  3. Mengajak para pengguna untuk melakukan aksi tertentu. Misalnya saja, membeli produk, mengisi formulir, atau mempelajari informasi yang diberikan.

Demikian ulasan singkat tentang Apa itu Landing Page, Fungsi, dan Cara Membuta Desain landing Page Terbaik? Bagi Anda yang sedang mencari jasa pembuatan landing page untuk usaha dan bisnis Anda seperti jasa kontraktor, tukang bangunan, jasa sedot wc, tukang service AC Mesin Cuci Kulkas, tour travel, sewa mobil motor, rental sound system dan sebagainya, silahkan hubungi kami. Dapatkan harga promo landing page untuk UMKM terbaru.

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

banner

Template Landing Page Hits